Sabtu, 25 September 2010

Komputer Milik Orang Yunani. .

0 comments
Ternyata orang Yunani kuno pun menggunakan komputer untuk menentukan tanggal pasti dilangsungkannya olimpiade saat itu. . . Perangkat mekanik ini dirancang untuk menentukan saat berlangsungnya olimpiade berdasarkan ilmu astronomi. . .
Akan mekanik ini sepintas menyerupai jam. . . Alat ini ditemukan di bangkai sebuah kapal yg tenggelam di perairan kepulauan Yunani pada tahun 1901. . . Di samping digunakan untuk memprediksi datangnya gerhana matahari dan bulan, , para ilmuwan memperkirakan alat ini juga digunakan untuk menentukan waktu olimpiade. . .
Seperti dikutip dari Reuters hari kami (31/07/08) para ilmuwan memperkirakan bahwa alat ini dibuat pada akhir abad kedua sebelum masehi. . . Awalnya, , alat ini diperkirakan berasal dari Eastern Mediterranean karena ditemukan bersama barang-barang lain yang berasal dari area tersebut. . . Namun belakangan diduga bahwa alat ini berasal dari sebelah barat laut Yunani karena nama bukan yang ditulis alat ini menggunakan bahasa Corinthian. . .
Olimpiade kuno yg pertama kali tercatat adalah olimpiade tahun 776 sebelum masehi. . . Acara ini berlanjut sampai kaisar Theodosius I menghentikan acara ini di tahun 394 masehi. . . Acara yang berlangsung 4 tahun sekali ini dimulai pada bulan purnama yang jaraknya terdekat dengan titik balik musim panas. . .
Dengan menggunakan teknologi sinar X tiga dimensi, , para ilmuwan berhasil membaca tulisan yang ada pada permukaan alat ini. . . Beberapa nama seperti Nemea dan Olympia yang pernah menjadi tuan rumah dari acara ini pun tertulis pada alat mekanis ini. . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar