Senin, 27 September 2010

Akhlaq :: Raja'

0 comments
Raja' artinya menggarap keridhaan Allah SWT. Allah menuntut pada hambanya untuk selalu menggantungkan harapan kepada Nya karena Dialah tempat bergantung segala sesuatu yg memiliki kekuasaan dan kekuatan yg tak terbatas.
Bagi Allah menghendaki sesuatu itu sangatlah mudah sehingga setiap hambanya harus senantiasa bersikap husnudzon pada Allah, karena prasangka hamba pada Tuhannya menjadi ukuran tindakan Allah pada hamba Nya termasuk ketika kita memiliki dosa yg sebanyak apapun pasti Allah akan mengampuninya demikian suka ketika kita memiliki cita2 Allah akan mengabulkannya selama kita yakin.
Bagi setiap mukmin hidup ini adalah mengharap ridha Allah, karena ridha dan tidaknya Allah akan menentukan bahagia tidaknya hidup seorang hamba di dunia dan akhirat. Target yg akan kita capai adalah kebahagiaan hidup baik di dunia dan di akhirat.
Apabila seorang hamba mengharap mendapatkan ridha Allah maka ia haruslah mengerjakan sesuatu yg diridhai Allah, artinya harus senantiasa menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Rahmat Allah yg Maha Luas sangatlah dekat dengan hamba Nya yg berbuat baik (muhsinin). Kebahagiaan dunia harus dicapai dengan ilmu dunia, demikian juga kebahagiaan akhirat juga dapat dicapai dengan ilmunya, artinya kedudukan seorang ditentukan pondasi iman dan ilmu yg dimilikinya.
Dgn sikap Raja' yg dilandasi iman dan ilmu ini seorang hamba akan senantiasa bersikap optimis, dinamis dan berfikir kritis. Optimis artinya yakin dgn sepenuh hati bahwa apa yg dia lakukan atau harapkan akan berhasil selama didukung oleh kemampuan dan kemauan bukan sekedar khayalan sehingga terhidar dari sikap putus asa, karena selalu berfikir kritis yakni berpikir secara sistematis, radikal dan universal dalam mengkritisi setiap persoalan.
Orang yang mempunyai sifat Raja' kepada Allah akan senantiasa mampu mengendalikan dirinya dalam setiap persoalan dengan sifat sabar, tenang dan tidak tergesa2 serta bertawakal dan berpasrah diri kepada Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar